UNRIYO Mengadakan Pengabdian Masyarakat di Desa Gading, Gunung Kidul

UNRIYO Mengadakan Pengabdian Masyarakat di Desa Gading, Gunung Kidul

Universitas Respati Yogyakarta berupaya terus untuk mendorong dan memfasilitasi para dosen dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat guna mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi, daya saing bangsa, dan kesejahteraan rakyat secara terprogram dan berkelanjutan, sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sejalan dengan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut dalam rangka Dies Natalis Ke-11 Universitas Respati Yogyakarta melakukan serangkaian acara salaha satunya adalah Pengabdian Masyarakat. Pengabdian Masyarakat kali ini dipusatkan di Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Pada hari Minggu, 16 Februari 2020, mulai pukul 08.00. Kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol yang diikuti oleh 100 warga, pelatihan PPPK dan Bantuan Hidup Dasar sebanyak 20 anggota Gading Rescue Team (GRT), pelatihan Pengembangan Pemasaran Melalui Media Sosial sebanyak 20 orang pelaku usaha UMKM, dan pelatihan Pengelolaan Tahura (Taman Hutan Raya) sebanyak 20 orang.

Pengabdian masyarakat di Desa Gading di buka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Fransiska Lanni, MS. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan sesuai tema pengabdian masyakarta “Menuju Desa Gading Sehat dan Sejahtera”, UNRIYO ingin menyehatkan masyarakat terlebih dahulu sebelum nanti menyejahterakan melalui program-program yang dilakukan. Beliau berharap kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat berguna dan bermanfaat bagi warga Gading.

Ibu Dr. Fransiska Lanni, MS juga menyampaikan bahwa, pengabdian masyarakat di Desa Gading terasa istimewa karena pada tahun ini UNRIYO akan mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) terintegrasi yang akan dilaksanakan pada bulan Juni – Juli mendatang. Jika dahulu hanya dari Fakultas Sosial Ekonomi saja, namun pada tahun ini KKN akan melibatkan Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Ilmu Kesehatan. Sehingga tiap pedukuhan akan mendapat komponen masing-masing program studi yang ada di UNRIYO sehingga nantinya dapat berkontribusi untuk masyarakat. Tujuannya adalah pemberdayaan masyarakat.

Dalam laporan pembukaan pengabdian masyarakat tersebut, Soepri Tjahjono, M.Pd sebagai ketua pelaksana menyampaikan pengabdian masyarakat diikuti oleh 21 dosen dan 20 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Panitia Dies Natalis ke 11 Universitas Respati Yogyakarta Ibu Khaula Luthfiati, SE, Akt, M.Akt, CA, Bapak Nazwar Hamdani Rahil, S.Kep, Ns, M.Kep Kepala PPPM UNRIYO, Bapak Sukirman Kepala Desa Gading, Ketua BPD Desa Gading, Tim Penggerak PKK Desa Gading, dan tokoh masyarakat lainnya.


Berita Terkait

Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat

PERSYARATAN PENGAJUAN BEASISWA PPA TAHUN 2018

Sehubungan dengan telah dilaksanakannya rekrutmen dan seleksi Tenaga Pe

Keluarga Dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat

CMFEST 2.0, PARTYNYA MILLENIAL PRENEUR BigBang, Dies Natalis UNRIYO ke 11

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
v5Sl0h